Sabtu, 14 Mei 2011

TARI BARONGAN





A.  LATAR BELAKANG
            Barongan merupakan salah satu ”paraga” (pemain) dalam kesenian tradisional Jathilan. Barongan berujud binatang seperti harimau yang telah dijinakkan oleh Panji Asmara Bangun. Dia sangat setia kepada Panji Asmara Bangun. Demikian pula Sang Panji juga menyayanginya.
             Cerita panji, digambarkan dalam kesenian Jathilan. Panji Asmara Bangun ingin melamar Candrakirana seorang gadis cantik pujaannya yang saling mencintai. Dengan menunggang Barongan, mereka berangkat dari Jenggala untuk melamar putri yang dicintai. Di tengah perjalanan bertemu dengan seorang raksasa yang bernama Cepet. Cepet juga sangat mencintai Candrakirana, tetapi Candrakirana benci kepada Cepet karena dia berwatak jahat.
            Kedatangan Panji Asmara Bangun sudah diketahui oleh Cepet, sehingga Cepet marah dan ingin membunuh Panji Asmara Bangun. Karena ingin dibunuh, Panji Asmara Bangun membela diri. Terjadilah perkelahian yang sangat seru. Barongan juga berusaha sekuat tenaga untuk mengusir musuhnya.
            Akhirnya Panji Asmara Bangun bersama Barongan dapat mengalahkan Cepet. Cepet lari tebirit-birit untuk mencari perlindungan. Perjalanan Panji Asmara Bangun dilanjutkan hingga sampai tujuan.
            Demikian sekelumit dongeng yang digambarkan dalam kesenian tradisional jathilan. Dari dongeng tersebut dapat diambil hikmahnya bahwa kasih sayang akan memperkuat persahabatan dan keangkaramurkaan tidak akan membawa kebahagiaan.
            Berdasarkan inspirasi dongeng tersebut, diciptakanlah Tari Barongan. Dalam tari ini penari berperan sebagai Panji Asmara Bangun yang sedang menunggang Barongan untuk melamar Candrakirana dan di tengah perjalanan berperang melawan angkaramurka.
            Penari dirias gagah dan bagus sedang busana yang digunakan dibuat mirip kulit harimau. Penari membawa alat/properti yang disebut barongan sehingga tampak seorang kesatria yang sedang menunggang barongan.
           


B.  PROSES PENCIPTAAN
      Tahap ke-1
            Penciptaan Seni Tari Barongan dimulai dari penuangan ide dalam bentuk gerak dasar yang diselaraskan dengan gerak-gerak dasar tari. Penuangan dalam bentuk gerak yang sudah sesuai dengan karakter yang diinginkan, kemudian diurutkan sesuai dengan tingkat kesulitan dan urutan cerita. Gerakan tari dimulai dari yang sederhana dan mudah bagi anak-anak. Sedangkan urutan cerita sesuai dengan dongeng di atas. Dimulai dengan sembahan sebagai tanda bahwa sebelum melakukan kegiatan hendaknya berdoa terlebih dahulu. Dilanjutkan inti cerita sampai dengan klimak, lalu diakhiri dengan penutup yang dapat membuat penonton atau yang menyaksikan terpesona.
            Gerakan yang sudah urut diujicobakan berkali-kali hingga terasa pas. Selain pas tingkat kesukarannya, juga diperhatikan keindahan gerak, dan urutan cerita tersebut.
DESKRIPSI TARI BARONGAN

A.  Introduksi
      Berdiri dengan mengempit barongan.

B.   Pendahuluan
      1.   Berjalan kearah gawang dengan langkah diselingi gejluk.
      2.   Duduk bersila barongan diletakkan kemudian sembahan.
      3.   Jengkeng lalu mengambil barongan dan berdiri perlahan-lahan.
      4.   Kaki kanan melangkah sambil mencaplok dilanjutkan kaki kiri melangkah sambil mencaplok membentuk lingkaran.
      5.   Gebrak, lari barongan membentuk angka delapan.
      6.   Gebrak, loncat-loncat memojok kanan lalu mundur dengan mengangkat kaki kanan, kiri, kanan, kiri.
             Loncat-loncat memojok kiri lalu mundur dengan mengangkat kaki kiri, kanan, kiri, kanan.
             Demikian masing-masing dilakukan 2X
      7.   Gebrak, Jogetan dengan memainkan barongan.


C.  Gandrung
      1.   Jengkeng, barongan diletakkan.
      2.   Kedua telapak tangan bertemu membentuk lambang cinta.
      3.   Menganbil barongan lalu berdiri perlahan-lahan.
      4.   Kaki kanan melangkah ingset 2X kepala digelengkan hitungan keempat caplok dilanjutkan gerakan kaki kiri.
      5.   Kiprah: kaki kanan injak-injak 3X hitungan keempat caplok lalu ganti kaki kiri. Ini dilakukan 2X.
      6.   Langkah tiga
      7.   Gerakan mengulang seperti nomor 5 dan 6.

D.  Perang
      1.   Gebrak, srisik kanan-srisik kiri- ke depan- lalu mundur.
      2.   Gebrak, Lari barongan.
      3.   Angkat kaki kanan, letakkan di samping, kaki kiri srimpet, tendang kanan, gebrak, putar di tempat.
      4.   Sama dengan nomor 3.
      5.   Jengkeng hadap kiri sambil caplok-caplok.
      6.   Jengkeng hadap kanan sambil caplok-caplok.
      7.   Berdiri pengkal kaki kiri. Kaki letakkan, pengkal kanan-kiri ngracik.
      8.   Pengkal kaki kanan. Kaki letakkan, pengkal kanan kiri ngracik.
      9.   Kaki kanan mundur badan berputar 2X kemudian lari barongan.

E.   Penutup
      1.   Kaki kiri silang dilanjutkan jalan borongan santai.
      2.   Gebrak, lari barongan, selesai.

      Tahap ke-2
            Gerakan yang sudah jadi, kemudian diperagakan dan direkam dalam CD untuk dipelajari dalam pembuatan iringan tari. Gerakan tari ini cukup dengan hitungan. Setelah ditemukan model iringan yang tepat, kemudian mencoba membuat sketsa iringan dan dicoba untuk ”ditabuh” (dimainkan alat musiknya).
      Tahap ke-3
            Tahapan ini pencipta tari memperagakan gerakan Tari Barongan diiringi alat musik gamelan. Pertemuan gerak tari dengan iringan ini tidak sekali jadi, namun sampai berkali-kali sehingga ditemukan iringan yang sesuai dengan gerakan tari dan tema tari tersebut.
      Tahap ke-4
            Iringan yang sudah sesuai dengan tema tari dan gerak tari kemudian direkam. Perekaman iringan Tari Barongan di lakukan di Studio RRI Yogyakarta. Di sana Pencipta memperagakan jogetan dan langsung diiringi gamelan hingga memperoleh hasil rekaman yang tepat.
            Hasil rekaman berupa sebuah CD kemudian digandakan sesuai kebutuhan untuk mengatasi jika terjadi kerusakan CD master.   
IRINGAN TARI BARONGAN
LARAS SLENDRO SANGA
 


Introduksi:                             . 3 5 6  .d d (2)                           2 X

                                               .  3 5 6 . d d (5)
 

A.         i 6 i 2         i 6 i (5)              4 X      
             i 6 12         i 6 i (5)

B.         . . . .           . 5  5 5      . 2 2 .       1 2 3 5                3 X lembut
             . . . .           . 5 5 5       . 2 2 .        1 2 3 5

C.         i 6 i 2         i 6 i (5)                    2 ½  X
             I 6 1 2        i 6 i (5)



D.         .  . 3 5       3 5 3 5       3 5 3 5       1 2 3 5
             .  . 5 5       .  . 5 5        .  . 5 5         .  . 5 5                2 X keras
             .  . 2 1       2 1 2 1       2 1 2 1        5 3 2 1
             .  . 1 1       .  . 1 1        .  . 1 1         .  . 1 1

E.         i 6 i 2       i 6 i (5)              2 X
             I 6 i 2       i 6 i (5)

F          Bonang    3/6 .  3/6  p   3/6  .  3/6  p  3/6  .  3/6  p

             Vokal:  5    6    i    i        i    i    i    6    i    2
                        Condrokira        na wong a     yu
                         6    6    6    6       i    2    6    i    6    5
                       Pun kakang       lara  as      ma    ra


G.         i 6 i 2          i 6 i (5)                     1 ½  X lembut
             I 6 i 2          i 6 i (5)
 

H.         i 6 i 2          i 6 i (5)                        4 X          
             I 6 i 2          i 6 i (5)                                             vokal
             .  . i 2          . 6 i 2         . 6 i 2           3 i 6 5
               Mleyot    nyaplok      cinaplok     pepinjalan
             .  . 3 2         . 1 3 2        . 3 5 6         5 . i  6 5
              Luput      anyandhak     solahe     lunjak-lunjak
 

I.          i 6 i 2          i 6 i (5)
             I 6 1 2         i 6 i (5)                       semakin keras

J.          // .  2  .  5        .  2  .  (5)  ------à    bonangan      //  5 6 1 2    .  6 2 i 6 5
                .  2  .  5        .  2  .  (5) //                                          5 6 1 2     .  6 2 1 6 5 //

K.         i 6 i 2            i 6 i (5)                    sampai habis
             I 6 i 2            1 6 i (5)               

      Tahap ke-5
            Agar tari tersebut mudah diingat dan mudah dipelajari oleh orang lain, maka perlu adanya Shooting Tari Barongan tersebut dalam bentuk tarian yang dapat juga sebagai tontonan atau hiburan.
      Tahap ke-6
            Berhubung Tari Barongan ini juga akan digunakan sebagai materi lomba PORSENI tingkat Kabupaten Bantul, maka tari ini dilatihkan kepada guru- guru tari se Kabupaten Bantul dengan harapan dapat digunakan sebagai bahan ajar seni tari bagi siswa SD putra dan dapat mengikuti lomba PORSENI tersebut.
      Tahap ke-7
            Melalui berbagai tahapan tari Barongan dapat selesai dalam waktu kurang lebih 2 bulan. Dari tahap awal hingga ahkir dapat dilalui dengan lancar. Tari Barongan telah jadi dan siap sebagai seni pertunjukan. Baik dalam lomba maupun pementasan peringatan hari-hari besar dan even lainnya.

C.  HASIL
            Tari Barongan yang terinspirasi dari kesenian tradisional Jathilan yang menggambarkan cerita Panji berhasil diciptakan sesuai dengan harapan. Unsur gerakan yang sederhana, indah, dan ada unsur kesenian tradisional setempat menjadikan anak-anak tertarik untuk mempelajari Tari barongan dengan senang.
            Tari Barongan merupakan karya cipta tahun 2006 dan sebagai materi porseni tari kreasi baru putra yang sangat sukses. Peserta lomba porseni tari kreasi baru putra tingkat SD baru pertama bisa diikuti oleh semua perwakilan kecamatan se Kabupaten Bantul yang terdiri dari 17 kecamatan selama saya menjadi guru di Bantul.
            Tari Barongan sering pentas dalam kegiatan-kegiatan penting seperti penyambutan tamu dari mancanegara di Pasar Seni Gabusan, Bantul Ekspo, Perpisahan tutup tahun ajaran, dan lain-lain.

1 komentar: